oleh

Diduga Rugikan Negara Ratusan Juta, Kadis Dukcapil Parepare Akhirnya Ditahan Kejari

PAREPARE, INIKATA.com – Tersangka kasus dugaan korupsi gerobak Jilid II yang diduga merugikan negara kurang lebih Rp. 375 juta Amran Ambar akhirnya menyerahkan diri ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Pare-pare, Rabu (27/2/2019).

Amran yang masih menjabat Kepala Dinas Dukcapil Kota Parepare menyerahkan diri ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) sekira pukul 07.30 Wita.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Parepare, Andi Darmawangsa membenarkan hal tesebut. Ia menjelaskan, saat ini Amran Ambar sudah tiba di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Makassar, Jalan Gunung Sari.

“Alhamdulillah sudah masuk rutan,” terangnya beberapa saat lalu via whatsapp.

Diketahui, kasus yang bergulir sejak 2015 ini menjerat Amran saat masih menjabat Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Parepare.

Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satuan Reskrim Polres Parepare menilai pengadaan 50 unit gerobak K5 yang sedianya untuk masyarakat pedagang menggunakan anggaran 2013 yang bersumber dari APBN 2013 sebesar Rp750 juta, fiktif dan menimbulkan kerugian negara hingga Rp. 375 juta.

Amran sempat ditahan di Lapas Parepare saat proses bergulir. Amran bahkan sempat mendapat angin segar setelah divonis bebas Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Makassar sebelum akhirnya JPU mengajukan kasasi dan dikabulkan MA.

Pada Akhirnya, Amran Ambar pun terhadap kasus korupsi itu, dirinya divonis hukuman 1,5 tahun. (Kalma)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed