oleh

Dinas PPKBD Kembali Gelar Pelatihan Kader di Tamalate

MAKASSAR, INIKATA.com – Dinas PPKBD Makassar menggelar pelatihan pembinaan institusi masyarakat, bertempat di Baruga Amalia, Kelurhan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Selasa (6/11/2018). Kegiatan tersebut diikuti sejumlah kader PPKB, Penyuluhan KB dan UPT Tamalate.

Pembangunan Program Keluarga Berencana (KB) yang telah dilaksanakan semenjak Tahun 1970-an, telah memberikan konstribusi positif bagi bangsa Indonesia.

Program Keluarga Berencana sesungguhnya bukan bertujuan untuk mengurangi jumlah penduduk.Tujuan yang sebenarnya adalah mengendalikan pertumbuhan penduduk serta meningkatkan keluarga kecil berkualitas sehingga bermanfaat bagi kesehatan Ibu dan Anak.

Oleh karena itu, peran serta masyarakat dalam pengelolaan program KB diberikan kesempatan yang lebih luas melalui Lembaga Swadaya dan Organisasi

Masyarakat sebagai pengelola dan pelaksana program. Sebagai upaya untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan program KB, telah dilakukan upaya berupa mereposisi peran petugas lapangan.
Perubahan tersebut pada intinya menyangkut pergeseran peran PLKB yang selama ini bertindak sebagai manager dan pelaksana program ke arah peran yang lebih menonjolkan sebagai pemimpin dan pengarah program di lapangan.

Dengan adanya pergeseran tugas tersebut berarti lebih memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan pengelolaan program KB melalui Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP). Untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan program KB, telah dilakukan berbagai upaya penumbuhan, pembinaan dan pengembangan IMP.

Menurut Plt Kadis PPKB Makassar Andi Zulkifly Nanda, menjelaskan hal itu dilakukan sebagai wadah peran serta masyarakat sekaligus sebagai mitra petugas lapangan melalui pembentukan kelompok IMP di tingkat Desa, tingkat Dusun/RW serta tingkat RT.

“IMP di tingkat Desa dinamakan dengan Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD), di tingkat Dusun/RW dinamakan Sub Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (Sub PPKBD),” sebutnya.

Kader KB PPKBD dan Sub PPKBD, tambah Zul agar konsentrasi terhadap target-target yang telah di berikan oleh pemerintah khususnya pencapaian untuk menambah calon akseptor baru minimal 4 calon akseptor dalam sebulan.

“Ini harus betul-betul menjadi tanggung jawab kader KB, sebab kami akan mengevaluasi di akhir tahun ini, agar betul betul program KKBPK ini mecapai hasil yang maksimal,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed