oleh

Kemacetan Dinilai Memberi Potensi Kerugian, Jokowi: Ini Tidak Boleh Dibiarkan

INIKATA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut kemacetan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) memberi potensi kerugian hingga Rp 65 triliun per tahun. Menurutnya, kerugian ini tidak bisa dibiarkan.

“Hitungan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), macet di Jabodetabek merugikan sampai Rp 65 triliun per tahun. Ini tidak boleh dibiarkan,” tulis Jokowi di akun twitternya seperti dikutip JawaPos.com (Grup Fajar), Rabu (9/1).

Jokowi mengungkapkan, kerugian itu bisa dihilangkan bila transportasi seperti kereta ringan (LRT), angkutan cepat terpadu atau MRT, kereta bandara dan Trans Jakarta telah tersedia. Untuk dua nama terakhir, saat ini sudah dinikmati masyarakat Indonesia di Jabodetabek.

Sementara itu, untuk LRT rencananya akan mulai beroperasi pada Februari mendatang. LRT Jakarta koridor 1 fase 1 Kelapa Gading-Velodrome akan jadi yang pertama beroperasi sebelum rute lainnya.

Untuk MRT, rencananya akan beroperasi satu bulan setelah LRT atau Maret 2019. Jokowi optimis, LRT dan MRT bisa semakin menarik minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

“Masyarakat perlu didorong pindah dari kendaraan pribadi. Rp 65 triliun jangan menguap begitu saja,” tandasnya. (**/Fajar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed