oleh

Kepala BPKD Pastikan THR Pegawai ASN Pemprov Sulsel Cair 24 Mei

MAKASSAR, INIKATA.com – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Sulsel, Andi Arwien Aziz memastikan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk pegawai ASN pemprov akan dicairkan pada 24 Mei mendatang.

Hal itu kata dia untuk mengikuti Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 dan 36 Tahun 2019 terkait petunjuk teknis pemberian THR. Selain itu, Pergub terkait juknis pencairan THR itu akan ditandatangani gubernur paling lambat Selasa 21 Mei.

“Sehingga, esoknya pada Rabu 22 Mei telah dibuat surat edaran ke seluruh organisasi perangkat daerah untuk membuat Surat Perintah Membayar (SPM) sebagai dasar pencairan,” ujarnya saat dihubungi, Selasa (21/5/2019).

“Sehingga kita berharap OPD memasukkan SPM di tanggal 23 Mei, sehingga pembayaran tepat waktu 24 Mei. Kembali lagi ke OPD bagaimana percepatan mereka. Yang pasti kita sudah hitung time schedule-nya, OPD segera mengajukan SPM untuk pembayaran THR,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan Arwien, besaran THR ASN Pemprov Sulsel hanya mengacu pada gaji pokok, ditambah tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan atau umum. Sementara tunjangan kinerja atau Tambahan Pendapatan Pegawai (TPP) tidak termasuk.

“Berdasarkan pasal 3 ayat (3) di PP itu, THR paling sedikit meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan/umum, paling banyak ditambah dengan tunjangan kinerja/ TPP. Kebetulan kemampuan keuangan daerah kita tidak memadahi untuk itu,” katanya.

Sementara terkait THR honorer, pihaknya tak memiliki kewenangan hal itu. Ia mengatakan, aturan tersebut hanya mengatur THR untuk ASN, TNI-POLRI, dan pensiunan.

“Mungkin bisa ditanya ke kepala OPD masing-masing kalau untuk itu,” tandasnya. (Harun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed