oleh

Meninggal di Usia 65 Tahun, Begini Perjalanan Karier Desainer dan Artis Robby Tumewu

MAKASSAR, INIKATA.com – Robby Tumewu, artis sekaligus perancang busana terkenal meninggal dunia karena stroke yang dideritanya sejak 2013. Pria kelahiran Bandung 4 Desember 1953 tersebut menghembuskan nafas terakhirnya di usia ke 65 pada 14 Januari 2019 pukul 00.15 WIB.

Robby memulai kariernya sebagai perancang busana, sejak kecil ia sudah menunjukkan ketertarikannya di bidang seni. Dirinya suka menggambar dan membuat sketsa busana, menyanyi dan main drama.

Namun, ketertarikan di bidang tersebut sempat terbentur dengan sang Ibu sehingga dirinya masuk dalam dunia perhotelan tahun 1974. Ketika menjadi trainee di Hyaat Hotel Ambassador, Robby masih ingin menjadi seorang perancang busana.

Robby bersama beberapa temannya mendirikan kelompok yang diberi nama Aranea. Mereka akhirnya mengadakan fashion show sendiri yang modalnya didapatkan dari honor membuat sketsa yang dimuat di majalah dan Koran.

Robby kemudian menjadi asisten perancang Henry Passage pada tahun 1976, dia memajukan kariernya dengan merantau ke Jakarta. Usahanya membuahkan hasil yang manis sehingga dirinya terkenal sebagai wakil Indonesia dalam berbagai event dan peragaan busana di manca negara.

Kemudian, setelah terkenal sebagai perancang busana Robby masuk dunia peran dari Teater Koma. Kala itu, dirinya dipercaya menata busana para pemain lalu ikut bermain juga sebagai pemeran tambahan. Robby akhirnya bergabung dalam Lenong Rumpi pada tahun 1990.

Selanjutnya, Robby masuk dalam berbagai serial Indonesia, ia membintangi berbagai serial komedi seperti Keluarga Van Danoe, Flamboyan 108, Cepot dan Copet Kepepet, Oke-oke Bos, Khanza, Sekar, Kecil-kecil Jadi Manten dan Sentuh Hatiku. Robby membuktikan kepiawaiannya dalam dunia akting dan mendapat pengakuan bahwa dirinya memang punya bakat.

Kemudian Robby melebarkan sayap di dunia layar lebar dengan main beberapa film seperti Lenong Rumpi, Ca Bau Kan, Belahan Jiwa, Gie, Tri Mas Getir, Tulalit, Kita Punya Bendera, Laskar Pelangi, Jejak Darah, Tanah Air Beta, 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta dan Madame X sampai pada tahun 2010.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed