oleh

Pelantikan BPD Desa Kanyurang Molor Lagi, Ada Apa?

PANGKEP, INIKATA.com – Sebanyak 9 orang Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Kanyurang, Kecamatan Liukang Kalmas, Kabupaten Pangkajene Kepulauan menunggu untuk dilantik.

Pelantikan yang rencananya akan digelar, Selasa (13/11/2018) kemarin tertunda lagi dengan alasan surat keputusan pelantikan dari bupati belum ditandatangani.

Alasan tertundanya pelantikan ini diduga sengaja diundur pengurusan penandatanganan keputusan bupati oleh kepala desa karena diduga akan menempatkan orangnya sebagai ketua BPD.

Menurut salah seorang anggota BPD yang enggan disebut identitasnya, mengaku, sudah dua bulan lebih terpilih, tapi sampai saat ini, pelantikan juga belum dilakukan.

“Kami minta kepala desa (kades) fokus mengurus berkas yang dibutuhkan untuk pelantikan. Kami ini sudah mau bekerja, tapi kenapa sampai saat ini belum juga dilantik”, bebernya saat ditemui di pelabuhan Paotere, Jumat, (09/11/2018).

Lanjutnya, bagaimana kita bisa melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa dan peraturan kepala desa kalau belum dilantik.

Di lain pihak, beberapa anggota BPD mempertanyakan kenapa ada satu orang yang mengikuti pelatihan BPD sementara tidak ada pemberitahuan ke kami. Diduga orang yang ikut pelatihan tersebut digadang gadang untuk menjadi ketua BPD nantinya.

Sebagaimana kita ketahui, ketua BPD dipilih dari dan oleh anggota BPD secara langsung dalam rapat BPD yang diadakan secara khusus.

“Terpilihnya ketua BPD adalah hasil kesepakatan dan musyawarah dari 9 anggota BPD terpilih, dari hasil kesepakatan dan rapat khusus itulah yang bisa duduk menjadi ketua BPD”, jelas anggota BPD tersebut.

Sementara, peresmian anggota BPD ditetapkan dengan keputusan bupati dimana sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji secara bersama-sama dihadapan masyarakat.

Ditempat terpisah, salah seorang warga, Umar mengaku kecewa dengan pelayanan aparat desa kepada warganya. Mirisnya, aparat desa jarang berkantor, mereka lebih fokus menyelam untuk cari ikan daripada melayani warga.

“Kami kecewa dengan aparat desa disini, soalnya jarang berkantor, mereka lebih memilih mencari ikan daripada melayani warga”, ujarnya, Rabu (14/11/2018).

Kepala Desa (Kades) Kanyurang, Kecamatan Liukang Kalmas, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Abd. Salam saat dikonfirmasi melalui telepon selularnya tidak menjawab.

Pulau Kanyurang adalah salah satu desa di Kecamatan Liukang Kalmas, Kabupaten Pangkep yang di tempuh kurang lebih 12 jam perjalanan laut dari pelabuhan Paotere Makassar.

Hingga berita ini diturunkan kepala desa Kanyurang belum merespon.(Basir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed