oleh

Resmi Ditetapkan, Segini Jumlah UMK Makassar 2019

MAKASSAR, INIKATA.com – Dewan Pengupahan Kota Makassar, telah menetapkan Upah Minimum Kota (UMK) tahun 2019, sebesar Rp2.941.270. Jadi kenaikan UMK 8,03 persen tersebut dari Rp.2.722.642 UMK tahun 2018.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar Irwan Bangsawan mengatakan, ini sesuai arahan Kementerian Ketenagakerjaan. Tak hanya itu, tapi dari naiknya pertumbuhan ekonomi dan inflasi nasional sebesar 8,03 persen.

“Alhamdulillah pada pagi hari dihari jumat berkah ini, di ulang tahun kota Makassar ini, kita berhasil menetapkan UMK tahun 2019 kota Makassar sebesar Rp2.941.270. Kenaikan tetap pada kisaran angka 8,03 persen,” kata Irwan, usai rapat pleno, di kantor Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, Jalan A.P. Pettarani, Jumat (9/11/2018).

Kata Irwan, pada saat rapat ada perdebatan, dikarenakan para serikat buruh mendorong kenaikan UMK sesuai dengan pertumbuhan ekonomi Sulsel.

“Tadi memang sempat terjadi perdebatan, karena mereka berharap kenaikan 11,03 persen, sesuai dengan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Selatan. Namun setelah kami memaparkan secara rasional maka kembali kepada angka 8,03 persen,” bebernya.

Pihak Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar tetap mengikuti ataruran yang sudah ditetapkan pemerintah pusat.

“Pertama aturan ini mengingat dari pemerintah pusat. Kemudian pemerintah provinsi 8,03 persen. Sehingga kami mengacu pada aturan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia,” jelasnya. (ipul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed