oleh

Hujan Disertai Angin Kencang, Kapolres Imbau Masyarakat Parepare Tetap Waspada

PAREPARE, INIKATA.com – Kondisi cuaca saat ini di seluruh wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) termasuk Kota Parepare sangat ekstrim, ditambah lagi dengan turunya hujan yang cukup deras disertai angin kencang dan petir terjadi dalam sepekan terakhir.

Kapolres Parepare, AKBP Pria Budi mengatakan, terkait perkembangan situasi dan kondisi cuaca tersebut, berharap kepada warga masyarakat agar selalu waspada dan jangan panik.

Salah satu contoh akibat hujan lebat disertai angin kencang, sebuah pohon besar tumbang menimpa rumah warga di kecamatan Soreang.

“Bencana alam muncul dan terjadi adalah merupakan situasi yang tidak bisa kita hindari. Tetapi masyarakat diharapkan jangan terburu-buru dan cemas atau panik saat menghadapi situasi bencana yang terjadi, sehingga menyebabkan terjadinya kecelakaan lagi,” papar AKBP Pria Budi.

Pria Budi menegaskan, apabila terjadi bencana, banjir bandang, tanah longsor maupun bencana lainnya, menyelamatkan diri lebih penting. Tapi masyarakat melihat faktor situasi, sehingga tidak terburu-buru dalam mengambil tindakan yang dapat menimbulkan kejadian-kejadian lain.

Sebagaimana diketahui bersama, kondisi cuaca ekstrim di wilayah Sulsel utamanya Parepare masih berpotensi hujan yang disertai petir dan angin kencang, terjadi pada sore hingga malam hari.

“Saya minta kepada masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati terhadap dampak hujan disertai angin kencang ini, yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca tersebut, seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin,” pungkasnya.

Selain itu, masyarakat juga diminta dapat membatasi diri untuk bepergian keluar rumah. Jika kebutuhan sangat mendesak yang terpaksa harus keluar rumah, hendaklah berhati-hati di jalan-jalan yang terdapat banyak pohon besar.

“Masyarakat diingatkan agar tidak membuang sampah sembarangan yang menyebabkan terjadinya genangan air, akibat tersumbatnya saluran air oleh sampah-sampah yang dibuang sembarangan,” harap AKBP Pria Budi. (Kalma)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed