oleh

November 2018, BPS Catat Inflasi Sulsel Capai 0,28 Persen

MAKASSAR, Semua Orang Membacanya – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menyatakan, indeks harga konsumsi pada november 2018 mengalami inflasi sebesar 0,28 persen.

“Sulawesi Selatan mengalami inflasi 0,28 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 134,73” jelas Yos Rudiansyah, Kepala BPS Provinsi Sulawesi Selatan.

Lebih lanjut Yos Rudiansyah memaparkan, perhitungan inflasi tersebut diambil dari data IHK di 5 kota di Sulawesi Selatan. Empat kota diantaranya, yakni Bulukumba, Watampone, Palopo, dan Makassar, mengalami inflasi, sedangkan satu kota Iainnya, yaitu Parepare, mengalami deflasi.

Dari data tersebut, inflasi tertinggi tercatat terjadi di Bulukumba, yaitu sebesar 0,41 persen dengan nilai IHK sebesar 140,99.

“Inflasi di bulan november ini sebesar 0,28 persen, sedangkan secara kumulatif mulai dari bulan januari sampai november 2018 sebesar 2,62 persen inflasi Sulsel. Artinya masih dalam interval target pemerintah 2 setengah persen sampai 4 setengah persen,” kata Yos Rudiansyah.

Masih menurut data BPS Sulawesi Selatan, inflasi yang meningkat bearsal dari jasa transportasi, sedangkan IHK atau kebutuhan bahan pokok pada november 2018 ini mengalami penurunan.

“Inflasi yang terjadi terutama tarif angkutan udara yang sangat tinggi, tetapi yang biasanya meningkat seperti pengeluaran harga bahan-bahan makanan justru pada bulan ini mengalami deflasi, artinya turun. Oleh karena itu yang mudah dikontrol oleh pemerintah tentunya bahan makanan,” tutup Yos Rudiansyah.(ipul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed