oleh

Tiga Pulau Dalam Kawasan Takabonerate Diterjang Gelombang Pasang

SELAYAR, INIKATA.com – Tiga pulau dalam wilayah Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, diterjang air pasang dengan ketinggian gelombang antara 1 – 3 meter yang terjadi, Kamis, (27/12/2018), sekitar pukul 01.15 Wita dinihari tadi.

Gelombang pasang yang melanda perairan kawasan Takabonerate Kabupaten Kepulauan Selayar, sejumlah perahu nelayan hancur di bibir pantai sejumlah Desa di kawasan tersebut.

Ketiga pulau yang diterjang gelombang air pasang tersebut diantaranya, pulau Jinato, Pulau Rajuni dan pulau Kayuadi.

Terparah dari terjangan air pasang tersebut ada dipulau Jinato dan kondisi yang sama juga terjadi di pulau Rajuni. Dimana sejumlah perahu nelayan hancur terhempas gelombang di pantai pulau tersebut.

Bahtiar, warga Pulau Rajuni kepada Media mengirimkan sejumlah dokumentasi kondisi di pulau Rajuni sejak pagi menjelang siang.

Ia menyebut, gelombang tersebut datangnya tiba-tiba dari arah timur, padahal sekarang lagi musim barat.

“Seharusnya, gelombangnya dari arah barat karena sekarang musim barat,” terangnya.

Kejadiannya begitu cepat, ada dua arah gelombang beriringan, setinggi kurang lebih 1 sampai 2 meter lebih kuncinya.

Pulau Jinato juga dikabarkan hal yang sama dan diperkirakan terparah, ada dua arah gelombang mengarah dari arah timur ke pantai Jinato dan menghempaskan barisan perahu nelayan di pulau Jinato.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, H. Muh. Basli Ali, begitu mendengar adanya tiga pulau yang diterjang air gelombang pasang, segera akan mengunjungi dan memantau langsung kejadian tersebut, dan akan didampingi beberapa OPD tehnis terkait.

“Saya akan berangkat ke pulau, untuk melihat langsung kondisi, dan kita Pemerintah Kabupaten akan secepat mungkin melakukan pendataan kerusakan dan kerugian akibat bencana gelombang pasang ini,” jelas Bupati, H.Muh Basli Ali.

Bupati H. Basli Ali, juga lebih awal menyampaikan tentang rencananya untuk melihat langsung kejadian tersebut. (Rizal Dg Sibunna)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed