oleh

UMI Terima Tim Asesor BAN-PT, Rektor Harap Raih Akreditasi A

MAKASSAR, INIKATA.com Rektor UMI Makassar Prof. Basri Modding menerima tim Asesor Tim Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), di Aula Fakultas Kedokteran UMI, di kampus II UMI, Jalan Urip Sumoharjo, Senin (10/11/2018).

Kedatang Tim Asesor BAN-PT untuk kembali melakukan visitasi akreditasi institus di UMI Makassar.

Sebanyak 5 orang tim asesor BAN -PT yang hadir dari Perguruan Tinggi berbedah yakni Prof. Dr. Muhammad Achmad Chozin, (IPB), Prof. Dr. Djoko Suhardjanto, (UNS), Prof. drg. Amasastra Bahar, (UI), Prof. Dr. Ir. Marwan (Unsyiah), dan Suparto, (UIN Jakarta).

Ketua Tim asesor dari BAN -PT, Prof. Muhammad Achmad Chozin, menyampaikan bahwa tujuan kedatangannya beserta tim asesor yaitu untuk melakukan verifikasi data.

“Kami ingin melakukan asesmen lapangan. Kami ingin memverifikasi apa-apa yang tertulis dalam borang apakah sesuai atau tidak,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor UMI Makassar, Prof. Dr. Basri Modding mengatakan, dengan segala fasilitas dan kesiapan yang dilakukan untuk akreditasi institusi diharapkan mendapat hasil memuaskan.

“Mudah-mudahan UMI kedepan lebih meningkat lagi. Kita harapkan akreditasi dari BAN-PT ini bisa menjadi akreditasi unggul, yakni nilai A. Hal ini bisa mewujudkan UMI menjadi world class University,” harap Prof. Basri Modding.

Selain itu, pasalnya UMI Makassar sudah meraih akreditasi B. Tetapi reakreditasi ini untuk mendapat bisa menghasilkan nilai sempurna yakni dapat meraih nilai A.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa UMI sedang mempersiapkan peningkatan kompetensi dasar nasional. UMI telah memiliki 256 dosen yang bergelar doktor dan sebanyak 160 lebih sementara menjalankan program S3.

“UMI 3 tahun terakhir dimana dalam peningkatan standar mutu pendidikan, UMI dengan 55 prodi kita ada 4 terakreditasi A tahun 2016,” jelasnya

“Di 2017 meningkat menjadi 7 prodi yang terakreditasi A, 2018 ini UMI hampir 100% yang terakreditasi A, 17 prodi. Kita harapkan UMI ke depan meningkat untuk akreditasi unggul pada semua Prodi dan institusi,” harapnya.

Sedangkan, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-Dikti) Wilayah IX Sulawesi, Prof. Jasruddin, mengatakan dari 358 perguruan tinggi swasta (PTS) yang berada di Wilayah IX belum ada satupun yang terakreditasi A.

“Sebetulnya banyak yang berpeluang akreditasi A, tapi kelihatannya PTS itu masih agak ragu-ragu. Oleh karena itu, saya berharap bahwa ketika UMI hari ini bisa buktikan dirinya bisa akreditasi A saya yakin akan menjadi penyemangat untuk PTS lainnya,” tutup mantan Direktur PPs UNM ini. (ipul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed