oleh

Cegah Penyalahgunaan Bansos, Polres Gowa Bentuk Satgas Pengawasan

GOWA, INIKATA.com – Pihak Polres Gowa pun bergerak cepat membentuk Satuan tugas (Satgas) Pengamanan dan Penegakan Hukum Pendistribusian Bantuan Sosial untuk wilayah Kabupaten Gowa.

Hal ini sebagai tindaklajut nota kesepahaman antara Kemensos RI dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia tanggal 11 Januari 2019 lalu, Polri kini dilibatkan dalam pengawasan pendistribusian Bantuan Sosial kepada masyarakat.

Kapolres Gowa, Akbp Shinto Silitonga, ditunjuk sebagai ketua satgas tersebut.

“Satgas ini nantinya akan bertugas untuk meminimalkan terjadinya penyalahgunaan pendistribusian bantuan sosial, yang dilakukan melalui kegiatan pendampingan dan pencegahan serta penegakan hukum yang proporsional dan profesional,” kata Shinto saat menggelar diskusi dengan para personil satgas, Minggu (27/01/2019).

“Hal ini juga dalam rangka menjaga kelancaran dan keamanan pelaksanaan distribusi bansos yang tepat sasaran dan tepat guna,” imbuhnya.

Satgas ini juga dibagi ke dalam 4 (empat) subsatgas, diantaranya subsatgas pendataan dan sosialisasi, subsatgas media, subsatgas pengamanan distribusi, dan subsatgas gakkum.

“Jadi bentuk-bentuk tugas yang akan dilaksanakan nanti adalah pendataan, sosialisasi, pendampingan, hingga penegakan hukum apabila ditemukan penyalahgunaan bantuasn sosial,” jelasnya.

Ia pun meminta kepada para personil yang terlibat dalam satgas untuk segera melakukan pendataan, berupa diskusi dan koordinasi dengan pihak Dinas Sosial, baik tingkat Kabupaten hingga Provinsi.

“Kita juga akan mendorong bhabinkamtibmas untuk melaksanakan sosialisasi mulai tingkat kecamatan/desa/kelurahan/RW/RT terkait program bansos dari pemerintah pusat kepada masyarakat,” tambah Shinto.

Sementara itu, subsatgas media yang akan diawaki personil Humas Polres sendiri akan berperan dalam mengelola media sosial untuk menampung setiap keluhan dari masyarakat, utamanya bagi para penerima bantuan sosial.

“Subsatgas ini juga bertugas untuk memberikan himbauan tentang penerimaan bansos, Langkah awal sudah dilaksanakan dengan membentuk Satgas Pengamanan dan Penegakan Hukum Pendistribusian Bantuan Sosial,” ungkapnya.

“Dan akan mulai action, yang diawali kegiatan pendataan terlebih dahulu terkait program bansos yang akan didistribusikan,” imbuhnya. (Anca).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini