oleh

Kades Ulusaddang Ajak Mahasiswa UNM Berkebun Stroberi

PINRANG, INIKATA.com – Pemerintah Desa Ulusaddang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, mengajak Kerukunan Mahasiswa Pinrang Universitas Negeri Makassar (KMP UNM) mengembangkan wilayahnya sebagai penghasil stroberi terbesar di Sulawesi Selatan.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Ulusaddang, Asparuddin, saat menyambut para pengurus KMP UNM, di kantornya, Senin (14/1/2019). Rencananya, KMP UNM yang mengusung nama kegiatan “Abdi Bina Desa” itu, akan menggelar beberapa agenda selama kegiatan yang berlangsung hingga 22 Januari mendatang.

“Terima kasih karena masih mau membuat kegiatan di sini (Ulusaddang). Kehadiran adik-adik mahasiswa KMP UNM sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Kami masyarakat Desa Ulu Saddang, siap bekerjasama dengan adik-adik sekalian selama berada di tempat ini,” tegas Asparuddin.

Ia berharap, KMP UNM dengan rancangan program yang dibawanya, mampu mengembangkan Desa Ulusaddang. Utamanya pada hal peningkatan perekonomian masyarakat.

“Selain tanaman kopi yang pada dasarnya sudah ada, kami akan mencoba melakukan terobosan baru dengan menanam pohon stroberi. Supaya ada sumber perekonomian baru untuk warga kami,” pinta Kepala Desa berusia 35 tahun tersebut.

Seperti diketahui, Desa Ulusaddang yang berada di dataran tinggi, memang merupakan daerah penghasil kopi terbesar di Pinrang. Beberapa hasil kopi daerah tersebut juga kerap “diekspor” ke Toraja serta daerah lain untuk dipasarkan.

Lebih lanjut, ia dan masyarakatnya juga bercita-cita, menjadikan desanya sebagai penghasil buah stroberi, seperti di Gowa dan Bantaeng. “Jadi orang Pinrang tidak usah jauh-jauh, cukup datang ke sini, kita sudah bisa menikmati stroberi,” tuturnya yang dihadiahi tepuk tangan.

Sementara itu, Presiden KMP UNM, Musaddik, dalam sambutannya, sangat berterima kasih karena diterima dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat setempat.

“Salah satu agenda kami adalah pembagian pohon stroberi ke tiap rumah warga. Ini merupakan kerjasama yang kita lakukan atas inisiasi Pak Desa,” ungkapnya.

Dijelaskan lebih lanjut, KMP UNM memang telah menyiapkan agenda untuk pengembangkan daerah, khususnya tanaman stroberi yang dipesan khusus oleh Kepala Desa.

“Tentu ini tantangan buat kami. Tapi insya Allah, kami akan berkontribusi untuk memajukan Desa Ulusaddang sebagai penghasil stroberi terbesar di Sulsel seperti di daerah lain,” akunya.

Sebelumnya, KMP UNM mengaku sudah berguru dengan petani-petani stroberi di Malino Gowa, serta telah mendapat pembekalan khusus dari dosen mereka yang memang konsen di bidang pertanian.

“Semoga yang bakal kami lakukan benar-benar bisa berfaedah untuk masyarakat di sini,” demikian mahasiswa Jurusan Teknik Mesin tersebut. (Anca)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed