oleh

Mobil Balap Ferrari Tahun 1964 ini Dilelang Dengan Rp 86,7 Miliar

INIKATA.com – Ferrari menyambut tahun baru dengan kejutan bagi penggemarnya. Pasalnya sebuah Ferrari 275 GTB prototype lansiran tahun 1964 akan dilelang oleh Gooding & Company pada penjualan di Scottsdale akhir Januari 2019.

Mobil ini, dilansir Carscoops Rabu (2/1)  sangat langkah karena saat itu dikembankan sebagai penerus dari 250 GT SWB Berlinetta, yang menggunakan sasis khusus berkode 06003.

Saat itu mobil ini ingin dikembangkan secara luas namun tidak dilepas ke publik dan hanya menjadi mobil pengembangan.

Ferrari 275 GTB 1964 ini dilengkapi dengan salah satu mesin terkencang di zamannya yakni mesin Tipo 213 awal dan mengambil format desain mobil balap klasik bermoncong pendek.

Pasca pengembangan desain mobil-mobil baru Ferrari mulai menggunakan desain aerodinamis yang mendukung performanya sebagai supercar.

Mobil ini sangat istimewa kala itu, karena pengetesannya pada tahun 1965 melibatkan manajer balap Ferrari Eugenio Dragon. Pengetesan dilakukan untuk mengumpulkan informasi dan memberikan masukan bagi pengembangan suspensi Ferrari sebagai mobil kencang.

Setahun setelah pengetesan mobil Ferrari 275 GTB 1964 sempat masuk arena balap Monte Carlo Rally. Sayang, setelah balapan tersebut otoritas Ferrari memensiunkan mobil itu sehingga tidak lagi diproduksi.

Mobil ini dilengkapi dengan lampu mengemudi tambahan, kaca yang diperkuat dengan bahan khusus, diferensial penguncian 75 persen, kap mobil yang dimodifikasi, dan wiper depan.

Dengan bantuan pembalap uji pabrik Ferrari Roberto Lippi dan pembalap reli Giorgio Pianta, mobil bersasis 06003 diuji kurang lebih 12.000 km dalam kondisi rali tetapi tetap saja disuntik  mati.

Keunikan kisah dibalik perjalanan Ferrari 275 GTB membuat banyak orang penasaran dengannya sehingga mobil ini sempat melewati tangan kolektor-kolektor lintas negara.

Mobil ini pernah dibawa dari Italia ke Amerika Serikat pada tahun 1977 dibawa kepemilikan Henry Fuchs. Setelah lama dalam masa pencarian akhirnya mobil ini ditemukan di negara Paman Sam.

Gooding & Company yang memegang lisensi untuk menjualnya mengungkapkan akan ada banyak kolektor yang akan memburu dan ingin memiliki mobil langka ini sehingga harganya diprediksi akan mencapai USD 6 juta atau setara dengan Rp 86,7 miliar. (Inikata/Fajar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed