oleh

Olahraga Berlebihan Berisiko Mengalami Overtraining, Berikut Gejalanya

INIKATA.com – Saat ini, berolahraga tengah menjadi tren di kalangan masyarakat urban. Olahraga memang baik bagi kesehatan Anda.

Namun, jika Anda berolahraga lebih dari lima jam per minggu, Anda berisiko mengalami overtraining. Apa saja gejalanya?

1. Rasa haus yang berlebihan

Apakah Anda pernah merasa masih haus meskipun sudah cukup minum? Jika ya, bisa jadi Anda mengalami overtraining. Overtraining dapat menyebabkan tubuh Anda berada dalam fase katabolic, yang kemudian membuat Anda mengalami dehidrasi. Kunci untuk mengatasinya adalah pastikan Anda cukup minum saat sedang berolahraga maupun ketika beristirahat.

2. Nyeri otot

Merupakan hal yang normal jika Anda mengalami nyeri otot 1-2 hari setelah berolahraga. Namun, jika Anda masih mengalami nyeri otot tiga hari setelah berolahraga, cobalah untuk beristirahat sejenak dari kegiatan olahraga. Nyeri otot bisa menjadi pertanda otot Anda belum sepenuhnya pulih, dan jika otot tetap dipaksa bekerja malah justru akan mengganggu pembentukan otot Anda.

3. Insomnia

Berolahraga berlebihan dapat membuat Anda mengalami kesulitan tidur. Walaupun memang betul jika berolahraga dapat menjadi salah satu solusi bagi Anda yang susah tidur. Namun, tubuh kita membutuhkan waktu untuk meregenerasi sel-sel saat beristirahat. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu tidur dan tidak melakukan aktivitas apa pun mulai dari pukul 22.00-02.00.

4. Depresi

Saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang bisa membuat kita merasa senang. Namun sebaliknya, jika kita berolahraga secara berlebihan atau overtraining, Anda justru akan lebih mengalami risiko terkena depresi.

5. Mudah sakit

Olahraga merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan agar terhindar dari penyakit. Namun apabila kita berolahraga berlebihan, tubuh justru akan mengalami fase katabolik yang dapat menurunkan kekebalan tubuh dan membuat Anda lebih rentan terserang sakit.

6. Mudah cedera

Apakah Anda sering mengalami cedera meskipun Anda sudah cukup melakukan pemanasan dan peregangan otot? Jika ya, bisa jadi Anda mengalami overtraining. Jika Anda berolahraga secara berlebihan, tubuh Anda tidak memiliki waktu dan kesempatan untuk beristirahat. Akibatnya ketika Anda mulai berolahraga lagi, Anda menjadi lebih rentan mengalami cedera.

7. Menurunnya rasa percaya diri

Ketika Anda berolahraga secara berlebihan, Anda cenderung menjadi “terobsesi” untuk terus-menerus berolahraga. Cara berpikir ini akan membuat Anda menjadi terobsesi dan terus merasa kurang. Perasaan ini kemudian akan membuat Anda menjadi tidak percaya diri, mudah tersinggung, dan depresi. (Inikata/Jpnn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed