oleh

Peduli Kaum Difabel, Toyota Hadirkan Lima Kursi Roda Berteknologi Mutakhir

INIKATA.com – Sebagai bentuk kepedulian kepada kaum difabel, Toyota menghadirkan lima kursi roda berteknologi mutakhir di ajang pameran Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, pada Januari 2019.

Lima produk kursi roda ini antara lain Evowalk, Quix, Moby, Phoenix Ai Ultralight dan Qolo. Kelima alat bantu untuk memudahkan kaum difabel beraktivitas ini merupakan finalis dari kontes Mobility Unlimited Challenge di CES 2019.

Jenis-jenis kursi roda dalam bentuk prototype itu, dilansir Carscoops, Senin (7/1) merupakan hasil pengembangan Toyota bersama dengan perusahaan start up lainnya, yang dirancang untuk membantu orang-orang dengan kelumpuhan ekstrim agar tetap bisa beraktivitas.

Proyek kemanusiaan yang dimotori Toyota Mobility Foundation itu melibatkan para insinyur dan perancang. Menciptakan perangkat yang dapat membantu orang-orang berasalah mobilitas. Ternyata hal ini sangat diapresiasi oleh banyak pihak.

Otoritas Toyota menyebutkan mereka terus berupaya mencari perangkat mobilitas untuk difabel agar bisa berintegrasi dengan mulus ke dalam kehidupan dan lingkungan pengguna, dan tetap nyaman dan mudah digunakan, memungkinkan kemandirian yang lebih besar dan peningkatan partisipasi dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu finalis misalnya Evowalk yang diracik oleh Evolution Devices yang berbasis di AS Perangkat itu adalah selongsong non-intrusif yang mengelilingi kaki pengguna dan memiliki sensor pelacak ketika orang berjalan. Ketika perangkat membaca seseorang sedang berjalan, Evowalk akan merangsang otot dalam upaya meningkatkan mobilitas.

Finalis lain dari Amerika Serikat adalah Quix yang berasal dari IHMC & Myolyn. Perangkat ini adalah kerangka lua bertenaga yang memungkinkan mobilitas tegak yang cepat, stabil, dan gesit untuk mereka yang mengalami kesulitan berjalan karena masalah kelainan pada kaki.

Perangkat berikutnya adalah Moby. Platform beroda ini dapat mengakomodasi kursi roda yang dioperasikan secara manual. Platform ini, secara efektif dapat mengubah kursi roda manual menjadi lebih bertenaga. Moby rencananya akan ditempatkan di lokasi publik dan bisa dibuka dengan menggunakan aplikasi smartphone. Idenya agak mirip dengan penyewaan skuter listrik.

Kursi Roda Phoenix Ai Ultralight adalah ide yang futuristik. Seperti namanya, kursi roda dengan material serat karbon ringan ini, tergolong cerdas karena terus menyesuaikan pusat gravitasinya agar sesuai dengan apa yang dilakukan pengguna. Phoenix Instinct yang menjadi perancangnya mengatakan platform ini akan membantu menghilangkan getaran yang tidak nyaman dan menyakitkan pengguna.

Inovasi terakhir adalah Qolo dikembangkan oleh tim dari Universitas Tsukuba di Jepang. Qolo memungkinkan pengguna dapat duduk atau berdiri. Ia memiliki penyangga yang fleksibel sehingga dapat ditegakan dan ditekuk sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Semua finalis akan menerima hadiah sebesar USD 500 ribu atau Rp 7 miliar lebih untuk mengembangkan konsep mereka. Pemenang akan diumumkan pada tahun 2020 dan mereka akan menerima hadiah USD 1 juta atau Rp 14,1 miliar. (**/Fajar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed