oleh

Gurihnya Sop Olahan Kambing Campur Susu

MAKASSAR, INIKATA.com – Makanan berkuah cocok dinikmati saat musim hujan, apalagi yang berjenis sop.

Makassar sendiri terkenal dengan makanannya yang berkuah, selain coto, sop konro dan sop Sodara ada pula sop Kaki dan daging Kambing.

Sop Kaki dan daging kambing ini mudah ditemui dimanapun. Untuk daerah Makassar, Sahabat food holic bisa mendapatkannya di Jalan A. Djemma. Disana ada sop kaki dan daging kambing tiga bersaudara.

Untuk membuat kuah dari sop berbeda, maka pemilik Muh Jamal membuat warna kuah menjadi lebih cerah dengan penggunaan susu.

Ini dilakukan bertujuan membuat rasanya kuah lebih gurih dan kuat, selain itu membuat sop berbedah dan sedikit cerah.

Kata Jamal, untuk membuat Sop kaki dan daging kambing ini butuh proses beberapa jam. Mulai dari memasak dagingnya hingga empuk, kemudian pencampuran rempah agar aroma amis hilang.

“Diketahui daging kambing baunya lumayan amis, sehingga sebaiknya di cuci bersih beberapa kali, kemudian diberi perasan jeruk untuk menghilngkan aroma ini,” tuturnya.

Salah Seorang Chef dari Swiss belhotel Makassar, Ayu Puspita Handayani mengatakan konsumsi masyarakat pada makanan berkuah atau yang mengandung sop, di waktu hujan cukup banyak. Ada beberapa alasan, mengapa mereka memilih hal tersebut.

Kata Chef Ayu sapaannya, sop mudah dicerna oleh tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sop dapat menghidrasi tubuh.

“Bahkan sop lebih cepat mengenyangkan tetapi tidak membuat badan menjadi berat,” ucapnya. (Yuna)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed