oleh

Kerang Hias Terbaik Dunia Ditemukan di Pantai Awerange

BARRU, INIKATA.com – Wilayah Indonesia sebagian besar terdiri dari perairan dengan pulau-pulau kecil yang eksotik.

Lautnya memiliki kekayaan ekosistem yang beragam dan tidak banyak masyarakat Indonesia yang mengetahuinya, baik jenis, manfaat maupun pengelolaanya.

Oleh karena itu keindahan dan ekosistem yang dikandungnya menjadi sangat menarik untuk didalami dan diamati.

Pada hari Minggu, 10 Februari 2018, sebanyak 50 siswa kelas X MIPA didampingi oleh sembilan guru melakukan kunjungan edukasi ekosistem laut ke kabupaten Barru Sulawesi Selatan.

Dalam kunjungan ini Nununiswa, selaku guru Biologi memberikan pengetahuan tentang jenis ekosistem laut dan dampak aktivitas manusia terhadap keberlangsungan hidup ekosistem tersebut.

Melalui metoda joyfull learning dan menggunakan alat peraga langsung ditemui di pantai Awerange Kabupaten Barru.

Ibu lulusan terbaik UNM Biologi ini menjelaskan dengan singkat 3 ekosistem utama yang sering dijumpai di perairan laut Indonesia dan ketiganya terdapat di Gugusan Awerange ini yaitu Habitat Babi Hutan, Bintang Laut dan terumbu karang.

Hal menarik yang diperoleh adalah Kerang Hias yang merupakan kerang terbaik di dunia menurut para ahli, dan kerang itu dijumpai di pantai Awerange ini.

Lebih lanjut pada penjelasannya disampaikan juga jenis biota yang ada serta dampak perubahan iklim dan aktivitas masyarakat terhadap keberlangsungan hidup biota laut.

Siswa dan guru pendamping mengharapkan peningkatan pengetahuan khususnya tentang kelautan dapat terus diberikan kepada siswa dalam menjaga kelestarian laut Indonesia.

“Kunjungan edukasi ini menjadi modal pengetahuan dalam praktik lapangan terkait ekosistem laut. Selanjutnya dengan berbagai jenis hewan laut yang ditemukan dapat memberi pemahaman siswa begitu beragamnya ciptaan Allah SWT,” ungkap Hadzirah selaku kepala MAN 2.

Menurutnya, dengan menggunakan Fasilitas 2 Kendaraan Bus, rombongan  menyempatkan diri juga mengunjungi tempat berbeda di Waterboom Ananda Barru yang sedang firal di media sosial. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed