oleh

Makanan Hist Mengguga Selera yang Saat ini Digilai Semua Kalangan

MAKASSAR, INIKATA.com – Jika biasa daging ayam yang menjadi favorit, kini sayap dan cekernya yang tengah di gandrungi sebagai makanan hits kekinian.

Uniknya tak disajikan di restoran, melainkan dijual di pusat jajanan kuliner kaki lima Makassar, Pasar Segar Jl Pengayoman Ceker dan sayap ayam ini diolah bervariasi, dari dimasak berkuah hingga digoreng tepung.

Uniknya, menu ini disajikan dalam rasa yang pedas sehingga disebut Ceker Sayap Pesse atau ceker dan sayap ayam pedas. Variasinyapun beragam, dari kuah hingga goreng. Apalagi yang menjadi daya tarik pengunjung rasa pedasnya yang meresap langsung dalam daging.

Rasa pedas tersebut didapati dari olahan bumbu rahasia, dicampur dengan cabai dan tepung. Pedasnya merupakan ciri khas yang menjadi daya tarik menu ini, orang yang mencoba bisa ketagihan untuk kembali mencoba tak hanya sekali saja.

Supervisor Ceker Sayap Pesse, Adhe Putra Yusuf mengatakan khusus untuk ceker ayam, cara membersihkan dengan di siram air panas. Kemudian agar bersih maka kuku dari cemer di gunting. Untuk sayapnya sendiri cukup di beesihkan dengan air panas.

Setelah itu, direbus kurang lebih 15 menit. Setelah direbus lalu ditiriskan hingga air yang terkandung di dalamnya benar-benar hilang. Lalu dicampurlah dengan tepung krispi, tak ketinggalan cabai dan bumbu rahasia dimasukkan dalam adonan.

Sedangkan kata Ade sapaannya, jika yang berkuah maka tak perlu ditiriskan. Cukup dimasak lagi diatas panci besar dengan bumbu kuning yang telah diracik.

“Agar lebih nikmat, cocok di campur dengan sup dan perasan jeruk nipis serta kecap manis,”tutur pria yang juga merupakan bintang film Anak Muda Palsu tersebut.

Owner Ceker Sayap Pesse, Andika Rizaldy mengatakan dalam sehari ia bisa menghabiskan 300 kg Sayap dan ceker ayam untuk diolah. Semuanya didapatkan dari distributor.

Sebagai menu tambahan, Ceker Sayap Pesse ini bisa menikmatinya bersama tahu goreng. Sangat cocok dinikmati sebagai lauk bersama nasi putih.

Jajanan ini saat ini tengah digandrungi dan buka hingga tengah malam di pasar segar. Pengunjungpun rela antri menunggu tempat duduk demi bisa menikmati pedasnya menu Cakar dan Sayap Pesse ini. (Yuna)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed