oleh

Tahun 2020, Sony Bakal Hadirkan PS5

INIKATA.com – Sony dengan konsol game PlayStation (PS) 5-nya kembali menjadi perbincangan. Kali ini harga, spesifikasi, dan tanggal peluncuran ramai-ramai menjadi konsumsi pencinta game. Baru-baru ini, Sony disebut bakalan menghadirkan PS 5 pada 2020.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman TheSun, Kamis (14/2), untuk PS 5, banyak pihak berharap bahwa PS 5 bakal datang dengan pemutar 4K Blu-ray.

Hal tersebut karena Sony adalah pemasok utama disk 4K Blu-ray. Banyak yang menganggap bahwa PS 4 Pro yang dikirimkan tanpa pemutar Blu-ray 4K itu kesalahan besar Sony.

Untuk spesifikasi, banyak pihak menduga bahwa Sony akan meningkatkan kapasitas penyimpanan konsolnya untuk PlayStation 5.

PS 4 Pro saat ini hanya tersedia dalam versi 500 GB dan 1 TB, tetapi ukuran file gim populer semakin meningkat. Itulah dasar mengapa PS 5 diharapkan bakal meningkatkan kapasitas penyimpanan.

Game seperti Battlefield dan Call of Duty dapat dengan mudah mengonsumsi ruang lebih dari 50 GB, dan gim video 4K asli bahkan akan lebih berat.

Ketika judul generasi berikutnya bergulir, kita akan membayangkan Sony akan menangani ukuran file besar mereka dengan konsol game yang setidaknya dibekali dengan 2 TB kapasitas penyimpanan.

Satu-satunya peningkatan nyata lainnya adalah meningkatkan kinerja konsol secara keseluruhan untuk mengirimkan grafis PlayStation 5 yang berkualitas.

Sony saat ini menggunakan kartu grafis AMD Radeon kelas atas di PS 4 Pro, jadi diharapkan bahwa PS 5 dapat mengemas kartu grafis generasi terbaru yang lebih mumpuni dan lebih baru dari konsol game terdahulunya.

Kapan PS 5 bakal meluncur? Ya, itu adalah pertanyaan terbesar. Sony diketahui bakal absen dari gelaran E3 pada 2019 ini. Hal itu karena mereka sudah cukup banyak mengumumkan semua game untuk saat ini.

Menurut pengamat industri Michael Pachter, seorang analis di Wedbush Securities, banyaknya game yang tidak diumumkan untuk dirilis, juga tidak ada agenda apa pun hingga akhir tahun ini, menjadi ‘sinyal’ bahwa peluncuran PS 5 semakin dekat.

Faktor lain dari keyakinan bahwa Sony PS 5 bakal melenggang 2020 adalah keuntungan Sony yang tergelincir dari divisi permainannya belakangan ini. Itu juga berarti ada tekanan besar dari para mitra yang mendorong Sony untuk mengeluarkan konsol game baru.

PlayStation asli atau PS X diluncurkan di Eropa pada 1995, diikuti oleh PlayStation 2 tahun 2000. PlayStation 3 tiba lebih dari setengah dekade kemudian, yakni 2006.

Kemudian gamer harus menunggu tujuh tahun lagi untuk peluncuran PS 4 pada 2013. Itu berarti ada rata-rata enam tahun antara setiap model PlayStation generasi berikutnya yang menunjukkan peluncuran PS 5 akan terjadi akhir 2019 atau awal 2020.

Sampai kepada urusan harga. PlayStation 4 asli berharga EUR 349 atau setara dengan Rp 5,5 juta saat diluncurkan pertama kali. Harga yang sama juga berlaku untuk PS 4 Pro yang lebih baru beberapa waktu kemudian.

Sebaliknya, Xbox One X baru dari Microsoft mulai dikirimkan dengan harga EUR 449 atau setara dengan Rp 7,1 jutaan kala itu. Harga segitu dikatakan merupakan harga yang sangat mahal untuk sebuah konsol game.

Sementara untuk PS 5, banyak pihak memprediksi bahwa harganya bakal berada di rentang Rp 7-9 jutaan. (**/Fajar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed