oleh

Konsumsi Makanan Bermagnesium Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur? Simak Penjelasannya

INIKATA.com – Jika Anda sering susah tidur, mungkin ada yang salah pada kandungan makanan Anda. Mulai saat ini cobalah perhatikan makanan yang mengandung magnesium. Sebab mengosumsi makanan bermagnesium bisa meningkatkan kualitas tidur.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Research in Medical Sciences mengatakan bahwa kandungan magnesium dapat mengurangi insomnia, meningkatkan efisiensi tidur, waktu tidur dan merangsang konsentrasi renin serum, melatonin, dan kortisol serum. Walau magnesium sudah ada di dalam sel dan tulang Anda, menurut National Institutes of Health (NIH), Anda bisa mendapatkan magnesium tambahan dari makanan tertentu.

NIH merekomendasikan sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian hijau. Secara umum, makanan yang mengandung serat pasti menyediakan magnesium. Berikut ini 4 fakta magnesium dapat bermanfaat pada kualitas tidur Anda, dilansir dari Bustle.

1. Kekurangan Magnesium Berhubungan dengan Kurang Tidur

NIH melaporkan bahwa karena sebagian besar magnesium tubuh terletak di dalam sel dan tulang, sulit untuk menilai apakah Anda kekurangan magnesium atau tidak. Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam buku Modulation of Sleep by Obesity, Diabetes, Age, dan Diet menemukan bahwa ada hubungan antara magnesium yang rendah dan kualitas tidur yang buruk.

2. Kurang Magnesium Menyumbang Stres & Kecemasan

New York Times melaporkan bahwa magnesium adalah mineral penting yang memainkan peran penting dalam berbagai fungsi tubuh. “Kekurangan magnesium telah dikaitkan dengan tingkat stres, kegelisahan, dan kesulitan relaksasi yang lebih tinggi, yang merupakan bahan utama untuk tidur nyenyak di malam hari,” kata Dr. Raj Dasgupta, seorang profesor kedokteran paru dan obat tidur di University of Southern California.

3. Membantu Anda Tertidur Lebih Cepat

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Research in Medical Sciences menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen magnesium tertidur lebih cepat.

4. Tidur Nyenyak

Sebuah penelitian yang dilakukan pada perempuan di Human Nutrition Research Center, North Dakota, menemukan bahwa mereka yang mendapat kadar magnesium dari makanan dapat tidur lebih nyenyak dan terbangun lebih sedikit di malam hari. (**/Fajar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed