oleh

Wagub Usulkan Pemasangan Kabel Bawah Laut ke 314 Pulau untuk Listrik

MAKASSAR, INIKATA.com – Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman memberikan usulan-usulan dan inovasi-inovasi agar daerah kepulauan mendapatkan bantuan fasilitas kebutuhan dasar.

Hal itu disampaikan langsung Andi Sudirman saat menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi VII DPR RI dalam rangka Reses Masa Persidangan IV tahun sidang 2018-2019, yang berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Jum’at (29/3) kemarin.

Selain daerah kepulauan, Andi Sudirman juga mengusulkan deforestasi hutan yang ada di Sulsel.

“Harapan kami adalah mendapatkan terobosan dan kebutuhan dasar pada 314 pulau yang ada di Sulsel. Diantaranya adalah listrik, bagaimana mereka bisa mendapatkan listrik yang betul-betul stabil dan pada intinya tidak ada isu lagi masalah listrik di sana,” ungkapnya.

“Submarine power cable di install dengan menggunakan DP2 DSV Plus ROV, sehingga kabel terhubung satu pulau ke pulau lain dari darat. Memang butuh investasi besar di awal, tapi paling tidak ini sifatnya permanen bagi mereka. Hal lain kami ada isu soal alih fungsi lahan hutan yang butuh direstorasi kembali secara total,” lanjut Andi Sudirman.

Tentunya, kata Andi Sudirman, dengan kehadiran Komisi VII, dari BUMN PLN, ESDM dan instansi terkait diharapkan bisa bersinergi.

Sementara itu, Ketua Tim Reses Komisi VII DPR RI, Tamsil Linrung, mengatakan, pihaknya akan fokus dan merespon permasalahan tersebut agar bisa segera ditangani.

Nantinya, Komisi VII akan serahkan ke Instansi terkait termasuk PLN untuk menangani masalah listrik kepulauan, dan untuk air bersih, serta pendidikan satu atap dimana masyarakat kepulauan bisa merasakan manfaatnya. (Hendrik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed