oleh

Hadapi Era Otonomi Demokrasi, Kesbangpol Makassar Ajak Warga Jaga Keamanan

MAKASSAR, INIKATA.com – Staf Ahli Bidang III Kemasyarakatan dan SDM Wali Kota Makassar Takdir Alim Bahri mengakui penyelenggaraan pemerintahan di era otonomi demokrasi memiliki banyak permasalahan.

“Baik yang berkaitan dengan kebijakan dan regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan maupun kemasyarakatan,” kata dia di Hotel Prima saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan oleh Kesbangpol Makassar, Senin 22 Juli 2019.

Menyangkut pembinaan kemasyarakatan, menurut Takdir, pemerintah sudah melaksanakan berbagai kebijakan program dan langkah-langkah strategis untuk memberikan yang terbaik dalam pelayanan kepada masyarakat. Pada akhirnya memberikan peningkatan kesejahteraan yang adil bagi masyarakat yang bersangkutan.

“Salah satunya upaya pemerintah untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi warganya,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Takdir pun mengapresiasi Kesbangpol sebagai penyelenggara kegiatan dan kepada peserta yang telah memenuhi undangan.

Dia mengatakan keamanan dan kenyamanan masyarakat merupakan tugas seluruh elemen masyarakat yang menjadi penentu jalannya roda pemerintahan dalam pembangunan pengendalian keamanan dan kenyamanan lingkungan.

“Ini merupakan objek vital dalam penyelenggaraan pembangunan. Dalam UU menyatakan bahwa setiap warga negara wajib melindungi keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam suatu negera yang mana pemerintah dan masyarakat berada di dalamnya,” ungkapnya.

Ia menilai sosialisasi keamanan dan kenyamanan lingkungan bagi tokoh masyarakat dan aparat kantor kecamatan sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah dalam membentuk, memonitoring tingkat keamanan lingkungan di Kota Makassar.

“Guna mengantisipasi segala bentuk gangguan dan pelanggaran kemungkinan konflik yang dapat mengancam stabilitas keamanan Kota Makassar,” kata dia.

Dia berharap dukungan dan partisipasi aktif seluruh tokoh masyarakat dalam rangka menjaga keamanan sehingga tercipta kondisi aman dan nyaman di Kota Makassar.

Di tempat yang sama, Sekertaris Badan Kesbangpol M Iskandar Lewa mengatakan, faktor keamanan menjadi penting dalam menjalankan aktivitas.

“Aktivitas ekonomi tanpa adanya jaminan keamanan maka tak akan berjalan dengan baik, sehingga kami dari Kesbangpol menganggap penting memberi edukasi kepada masyarakat,” ungkapnya.

Dia pun mengharapakan peran aktif masyarakat dalam mencegah dan menjaga keamanan di lingkungan masing-masing. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed