oleh

Jelang Idul Adha Stok Hewan Kurban di Luwu Timur Mencukupi

LUTIM, INIKATA.com- Berdasarkan Stok hewan ternak sapi jantan dewasa yang saat ini mencapai 4.493 ekor masih mencukupi kebutuhan masyarakat Luwu Timur. Sementara kambing jantan masih diangka 14.500 ekor.

“Untuk ketersedian stok hewan ternak di  Luwu Timur mencukupi kebutuhan warga hingga hari raya Idul Adha 2019,” kata Kepala Seksi (Kasi) Kesmavet Pengelolaan dan pemasaran, Distan LuwuTimur, Sukma, Rabu (31/7/2019)

Menjelang Hari Raya Kurban atau Idul Adha, kebutuhan daging masyarakat pasti melonjak draktis, bahkan harganya juga akan ikut melonjak, diprediksi bisa naik hingga 35 persen dari harga normal.

“Harga normalnya itu Rp 7 juta, sekarang sudah ada yang jual Rp 10 juta, bahkan bisa lebih dari itu, tergantung dari besar dan bobotnya sapi,” kata Sukma

Sementara, kebutuhan daging masyarakat Luwu Timur yang diambil di 13 lokasi rumah pemotongan hewan  itu sekitar 147 ekor pemotongan tiap bulanya,  dengan rata-rata berat mencapai 80 kilogram.

“Artinya kebutuhan satu bulan sekitar 16,7 ton daging sapi, Kalaupun ada lonjakan itu bisa mencapai  30  persen , stok yang ada di Luwu Timur tetap masih mencukupi” ujarnya. (Asril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed