oleh

Bapenda Sebut Pengemplang Pajak Didominasi Pengusaha Lokal

MAKASSAR, INIKATA.com – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar memprediksi, tahun ini pemerintah kota mengalami shortfall atau penurunan hasil pendapatan daerah.

Kepala Bapenda Kota Makassar Irwan Adnan mengatakan, tahun ini pihaknya mengalami kendala dalam penarikan pajak.

Mulai dari kondisi perekonomian melambat, nilai jual objek pajak yang tidak sesuai harga pasar, penarikan BPHTB tidak optimal dan kerusakan berbagai alat perekam transaksi elektronik.

Selain itu,menjamurnya usaha kuliner seperti foto dan pallubasa, namun pengusaha kuliner tersebut enggan membayar pajak.

“Kalau pengusaha nasional mereka taat pajak, justru pengusaha lokal seperti coto dan pallubasa yang tidak bayar pajak, ada beberapa yang bayar tetapi lebih banyak yang tidak bayar,” kata Irwan, Kamis (15/8/2019).

Alhasil, Irwan mengaku pihaknya akan melakukan pembinaan terhadap pengusaha-pengusaha tersebut. Bahkan Bapenda mengancam akan mengambil tindak tegas apabila pengusaha tetap membandel.

“Kita minta mereka kooperatif bayar kewajibannya, tetapi kalau setelah dilakukan pembinaan terus tetap berlanjut, kita tidak segan-segan mengambil tindakan,” ucap Irwan. (Mawar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed