oleh

Dalam Waktu Dekat Puskesmas Cabbenge Bakal Jadi Rumah Sakit

SOPPENG, INIKATA.com Setelah melalui beberapa proses tahapan akhirnya Puskesmas Cabbenge, Kecamatan Lilirilau, bakal berubah status menjadi rumah sakit penyangga atau rumah sakit tipe D.

Konsultasi di dinas kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, terkait perubahan status Puskesmas Cabbenge telah dilakukan.

Konsultasi dilakukan terkait kelengkapan berkas administrasi, dan kualifikasi penataan ruangan Puskesmas Cabbenge menjadi Rumah Sakit Tipe D.

Pengurusan upaya lengelolaan lingkungan hidup dan upaya pemantauan lingkungan hidup (UKL-UPL) dan master plannya.

Perubahan status Puskesmas Cabbenge menjadi rumah sakit penyangga, merupakan upaya menaikkan status RSUD Latemmamala dari tipe C menjadi tipe B.

Bahkan Tim Visitasi dari Dinkes Provinsi SulSel telah melakukan kunjungan ke Puskemas Cabbenge beberapa waktu lalu.

Saat kunjungan ke puskesmas cabbenge, Ketua Tim Visitas yang juga Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Provinsi SulSel, Muhammad Ichan Mustari MHM dalam kunjungannya menilai Puskesmas Cabbenge layak untuk menjadi RS Tipe D

“Secara Geografis dan kualitas pelayanan, Puskesmas ini sangat layak untuk ditingkatkan statusnya menjadi RS Tipe D, hanya ada beberapa catatan yang perlu dilengkapi, termasuk Master Plane, Study Kelayakan dan UKL/UPL” ungkap Muhammad Ichan.

Terkait kapan perubahan status Puskesmas ini menjadi RS, Ichsan mengungkapkan, “Ini tergantung respon dari pemerintah Kabupaten Soppeng terhadap hasil visitasi dan rekomendasi yang kami berikan. Tapi, saya optimis dalam waktu yang tidak terlalu lama keinginan Pemerintah Kabupaten Soppeng ini bisa terkabul,” ujarnya.

Lanjut Ichsan, saya sangat salut terhadap komitmen Bupati Soppeng untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat Soppeng, yang begitu bersemangat untuk menjadikan Puskesmas ini menjadi rumah sakit Tipe D.

Sementara Kadis Kesehatan Kab.Soppeng, Sallang, mengatakan Visi Kab.Soppeng adalah pemerintahan yang melayani dan lebih baik, sementara Misi yang ke 6 Menjamin ketersediaan sistem pelayanan kesehatan yang unggul dan murah.

“Oleh karena itu, kondisi sekarang ini dengan ketersediaan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yaitu Puskesmas sebanyak 17 dan 8 diantaranya adalah rawat inap dan 9 lainnya rawat jalan dan semuanya sudah terakreditasi, ditambah dengan 1 Rumah Sakit yang juga terakreditasi paripurna,” ungkapnya. (Aul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed