oleh

Menguak Misteri Lembah Walennae di Pameran Cagar Budaya Soppeng

SOPPENG, INIKATA.com – Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak, resmi membuka Pameran Cagar Budaya Misteri Lembah Walennae di halaman Villa Yuliana, Kabupaten Soppeng, Rabu (20/8/2019) kemarin.

Pameran ini dilaksanakan bekerjasama dengan Balai Kelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Soppeng. Kegiatan akan berlangsung selama lima hari mulai 21-25 Agustus 2019.

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan, Laode Muhammad Aksa, saat memberikan sambutannya menyampaikan kekagumannnya pada daerah Soppeng yang memiliki keanekaragaaman budaya.

“Daerah yang luar biasa ini banyak dilakukan penelitian baik oleh peneliti dalam negeri maupun luar negeri,” ucapnya.

Bahkan, lanjut dia, pada 1905, sebuah buku yang ditulis oleh Chris dan Paul Sarasin menerbitkan bukunya yaitu Reisen in Celebes. Buku tersebut menginformasikan keberadaan artefak batu dari situs Cabbenge Soppeng

Sementara itu, Andi Kaswadi Razak, mengharapkan agar pameran tersebut dapat memahami perjalanan panjang manusia di Kabupaten Soppeng dan juga berbagai cagar budaya di Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara.

“Seluruh pihak agar serius dalam meneliti cagar budaya yang ada di Soppeng. Sinegitas antara pemkab dan provinsi bisa lebih baik dan bisa fokus mengembangkan penelitian pada daerah Soppeng,” ungkapnya.

DIa melanjutkan, penelitian memang harus terus dilakukan agar cagar budaya tidak punah dan dilupakan generasi penerus. Apalagi Soppeng merupakan daerah tertua di Sulawesi Selatan yang memiliki banyak sejarah purbakala. (Aul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed