oleh

Pengurusan e-KTP Disetop, Dewan Desak Pj Walikota Makassar Selesaikan Masalah Dukcapil

MAKASSAR, INIKATA.com – Ketua Komisi A DPRD Kota Makassar Abdi Asmara, mendesak Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Samad Suhaeb untuk menyelesaikan  permasalahan di dinas kependudukan dan catatan sipil kota Makassar.

Abdi Asmara menghimbau baik Pj Wlaikota maupun Kemendagri, agar tidak saling menyalahkan yang akhirnya hanya justru membuat sistem pemerintahan di Kakassar semakin gaduh.

“Mereka harus sama-sama mencari solusi, jangan sampai pelayanan ke masyarakat semakin lama berhenti, berhentilah saling mencari kambing hitam, yang dibutuhkan saat ini adalah solusi,” kata Abdi di kantor DPRD kota Makassar, Rabu (21/8/2019).

Sebelumnya, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Prof Zudan Arif Fakrulloh menyebut, langkah Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Samad Suhaeb yang mengganti Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tanpa persetujuan kemendagri merupakan pelanggaran berat.

Akibat dari kebijakan sepihak tersebut, Dirjen Dukcapil memutus sementara jaringan pengurusan kependudukan ke Dukcapil Makassar.

Ia mengungkapkan bahwa, pemutusan jaringan dilakukan lantaran Iqbal Suhaeb telah melanggar Undang-Undang Administrasi Kependudukan.

Penggantian posisi kepala Dukcapil di daerah tingkat II kata Zudan seharusnya dilakukan oleh kemedagri.

“Bukan kewenangan walikota, itu pelanggaran berat,” ucap Prof Zudan. (Mawar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini