oleh

Realisasi PAD Menurun, Bapenda Sebut Terkendala Hal Ini

MAKASSAR, INIKATA.com – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kota Makassar mengakui, realisasi pendapatan asli daerah kota Makassar menurun tahun ini.

Kepala Bapenda Kota Makassar Irwan Adnan mengatakan, hingga saat ini pihaknya baru mengumpulkan PAD sekira Rp 500 miliar. Angka ini kata dia mengalami penurunan dibanding bulan yang sama di dua tahun sebelumnya.

Fenomena tersebut cenderung memprihatinkan, sebab saat ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah gencar-gencarnya melakukan supervisi dan pendampingan dalam rangka optimalisasi PAD.

Irwan sapaan akrab Irwan Adnan berdalih, menurunnya realisasi PAD tahun ini lantaran, Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di Makassar tidak mengikuti harga pasar.

“Kita harus lihat, NJOP kita tidak sesuai harga pasar, terakhir kita rubah NJOP tahun 2015 lalu, dulu kita mau rubah banyak yang mencak-mencak menolak, banyak juga yang bertransaksi tidak jujur sehingga pemasukan kita berkurang,” kata Irwan, Selasa (13/8/2019).

Alhasil, Irwan meminta BPN segera melakukan revisi NJOP. Ia menyebut pemerintah kota juga telah membentuk tim untuk menentukan harga NJOP di Makassar.

“Mudah-mudahan di anggaran perubahan ini sudah bisa, kita serahkan ke BPN karena mereka lebih ahli mengenai itu, kita juga sudah membentuk tim yang sudah disahkan oleh pak wali,” ucap Irwan. (Mawar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed