oleh

Pemprov Usulkan Pengadaan Helikoper, Dewan: Disewa Saja

MAKASSAR, INIKATA.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengusulkan pengadaan helikopter. Pengusulan tersebut melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk pagu Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pokok 2020.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani saat ditemui di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel Selasa (17/9) kemarin. Kata dia, alasan mengusulkan pengadaan helikopter bukan sebagai daftar keinginan namun menjadi daftar kebutuhan.

“Ya kita rencanakan 2020, inikan bukan daftar keinginan, tapi daftar kebutuhan, sangat urjen sekali untuk 24 Kabupaten Kota ini kita lakukan perecepatan terkait utamanya adalah bencana alam kemudian bencana sosial,” tandasnya.

Ia menjelaskan, pengadaan helikopter ini agar pemerintah Provinsi tidak terlambat dalam hal penanggulangan bencana. “Itu semua kita tidak mau ada bencana dianggap pemerintah terlambat hadir disitu sehingga paling tidak ada akselerasi di bidang ecakuasi. Kita fokus bagaimana caranya ada heli paling tidak satu di sulsel ini yang setiap saat kita bisa gunakan,” tuturnya.

Untuk masalah penganggaran, ia mengaku masih dalam tahapan pengkajian. Pemprov masih memikirkan apakah helikopter tersebut dari Eropa atau Asia.

“Anggarannya masih di kajian tapi kita sudah mulai antisipasi anggaran itu, kita masih memikir apakah dari eropa atau asia. Nanti kita lihat yang mana lebih, tentu kita cari yang bagus dan murah, itukan prinsip membeli, mau bagus dan murah. Inikan pengadaannya di Badan Penanggulangan Bencana,” katanya.

Namun, pendusulan tersebut masih belum berjalan mulus, karena DPRD Sulsel menilai pengadaan helikopter belum terlalu dianggap penting.

Ketua Fraksi Golkar DPRD Sulsel, Kadir Halid menuturkan, jauh lebih menghemat anggaran jika helikopter disewa daripada dibeli.

“Buat apa dibeli, lebih baik disewa saja kalau mau digunakan. Kalau dibeli tentunya akan menelan anggaran yang lebih banyak, karena ada biaya operasional, biaya pilot belum lagi teknisinya. Jadi menurut kami jauh lebih murah kalau sewa, dan juga tidak setiap saat dipakai,” pangkasnya. (Hendrik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed